LEADERSHIP

Manusia adalah makhluk social yang tidak dapat hidup sendiri. Dalam hidup, manusia selalau berinteraksi dengan sesame serta dengan lingkungan. Manusia hidup berkelompok baik dalam kelompok besar maupun dalam kelompok kecil.
Hidup dalam kelompok tentulah tidak mudah. Untuk menciptakan kondisi kehidupan yang harmonis anggota kelompok haruslah saling menghormati & menghargai. Keteraturan hidup perlu selalu dijaga. Hidup yang teratur adalah impian setiap insan. Menciptakan & menjaga kehidupan yang harmonis adalah tugas manusia. Dan dengan berjiwa pemimpin manusia akan dapat mengelola diri, kelompok & lingkungan dengan baik. Khususnya dalam penanggulangan masalah yang relatif pelik & sulit. Disinilah dituntut kearifan seorang pemimpin dalam mengambil keputusan agar masalah dapat terselesaikan dengan baik.
Arti dari Kepemimpinan adalah bentuk dominasi didasari kemampuan pribadi yang sanggup mendorong atau mengajak orang lain untuk melakukan sesuatu, berdasarkan penerimaan oleh kelompoknya dan memiliki keahlian khusus yang tepat bagi situasi khusus.

Ordway Tead di dalam bukunya The Art of Leadership, menyatakan sebagai berikut :Pengertian Kepemimpinan merupakan kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka mau bekerja sama untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Pengertian Kepemimpinan menurut George R. Terry adalah suatu kegiatan mempengaruhi orang-orang agar mereka suka berusaha mencapai tujuan-tujuan kelompok.

Menurut Howard H. HoytPengertian Kepemimpinan ialah seni untuk mempengaruhi tingkah laku manusia, kamampuan untuk membimbing orang.

Dari pengertian kepemimpinan diatas, dapat dikemukakan bahwa pada kepemimpinan itu terdapat unsur-unsur, sebagai berikut :

1. Kemampuan mempengaruhi orang lain, dalam hal ini bawahan atau kelompok.
2. Kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau orang lain.
3. Untuk mencapai tujuan organisai atau kelompok.

Fungsi Kepemimpinan
Fungsi Kepemimpinan sebagai berikut :

1. Memprakarsai struktur organisasi
2. Menjaga adanya koordinasi dan integrasi dalam organisasi, supaya semuanya beroperasi secara efektif.
3. Merumuskan tujuan institusional atau organisasional dan menentukan sarana serta cara-cara yang efisien untuk mencapai tujuan tersebut.
4. Mengatasi pertentangan serta konflik-konflik yang muncul dan mengadakan evaluasi serta evaluasi ulang.
5. Mengadakan revisi, perubahan, inovasi pengembangan dan juga penyempurnaan dalam organisasi.

12 sifat kepemimpinan yang perlu anda kuasai :
1.       Memiliki Passion
Passion memiliki arti yang beragam diantaranya adalah semangat dan gairah, Keinginan besar, Kegemasan dan keberanian. Menjadi seorang pemimpin yang memiliki passion di butuhkan kesadaran dalam diri. Passion merupakan bentuk antusiasme yang di tunjukkan oleh seorang pemimpin kepada bawahannya yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri.
2.       Jujur

Memasuki Era moderanisasi saat ini jarang sekali kita temui sosok pemimpin yang jujur dan amanah. Seorang pemimpin yang hanya mencari keuntungan bagi dirinya sendiri akan berfokus pada bagaimana cara memanipulasi apapun yang menjadi tanggung jawabnya dan  apa yang dilakukannya sudah tidak obyektif lagi. Kejujuran adalah simbol moralitas tertinggi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ada sosok pemimpin yang memiliki kejujuran dalam menjalankan kebenaran tetapi banyak sekali orang disekitar nya yang mencoba menggeser kedudukannya sebagai seorang pemimpin karena dianggap menghalangi niatnya untuk berbuat tidak baik. Sebagai contoh pada saat Pemilihan Calon Anggota Legislatif belum lama ini, banyak sekali para calon Legislatif tersebut melakukan politik membagikan uang dan janji-janji kosong. 
3.       komunikatif

Kevin Hogan (2005) yang telah melakukan penelitian kepada banyak orang yang memiliki kemampuan komunikasi yang tinggi sehingga berhasil dalam kehidupannya, mengatakan bahwa komunikasi memiliki cakupan makna yang lebih luas daripada sekedar apa yang anda ucapkan. Komunikasi adalah bagaimana anda “mengatakannya”. Komunikasi adalah tentang mendengarkan, berbicara, dan bertindak untuk mengungkapkan perasaan dan pikiran anda kepada orang lain.
Begitu pula bagi seorang pemimpin harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik kepada bawahannya agar apa yang menjadi tujuan yang ingin di capai dari kepemimpinannya dapat di sampaikan kepada para bawahan.
4.       Pendengar yang baik

Dalam sebuah organisasi seorang leader harus bisa menjadi pendengar yang baik, mengapa? S.R Levine & M.A. Crom menulis bahwa keterampilan “Mendengar” adalah satu satunya keterampilan yang paling penting dari semua keterampilan berkomunikasi yang ada. Lebih penting dari keterampilan untuk berorientasi dengan berapi-api. Lebih penting dari suara yang penuh kuasa. Lebih penting dari kemampuan untuk berbicara dalam beberapa bahasa. 
5.       Integritas

Intergritas yang dalam bahasa latin berasal dari kata “Integrated” artinya “Komplit” utuh dan sempurna yang berarti tidak ada cacat. Bagi seorang leader yang mempunyai integritas tinggi tentu kata-kata yang diucapkannya akan memberikan kuasa, mempunyai kekuatan akan rencana-rencana nya dan akan memberikan daya (force) atas setiap tindakannya. Leader yang mempunyai integritas selalu bertindak sesuai dengan ucapannya, selalu konsisten dengan apa yang sudah di yakini dan yang dilakukannya, antara sikap dan tindakan juga antara nilai hidup yang di anut dengan nilai hidup yang dijalankan. Bertindak tanpa kompromi atas kebenaran yang ada.
6.       Strategi
Dalam menjalankan sebuah perusahaan seorang pemimpin harus membuat stategi dalam menjalankan roda perusahaan nya. Jika di ibaratkan perang seorang panglima perang perlu memiiki strategi untuk memenangi peperangan tersebut. Begitu pula dengan seorang pemimpin yang siap dengan beberapa strategi untuk memajukan perusahaan nya. Strategi ini sangat erat kaitannya dengan rencana kerja dalam sebuah perusahaan. Baik rencana kerja jangka panjang maupun rencana kerja jangka pendek. Hal ini dilakukan agar perusahaan dapat mempelajari bagaimana target dapat di capai dengan maksimal, efektif dan efisien. Strategi ini tentunya terukur dengan apa yang menjadi goal dalam perusahaan.
7.       Komitmen

Mengapa seorang pemimpin harus mempunyai komitmen? Jawabannya sering kita temui terutama dalam sebuah organisasi. Komitmen di bangun satu sama lain dengan tujuan agar setiap individu berpegang teguh dan berfokus pada keputusan yang di ambil, tanpa mempertanyakan apa-apa lagi apapun keadaan yang akan terjadi. 
8.       Apresiasi

Setiap orang dilahirkan sebagai makluk sosial dengan kebutuhan dasar ingin di perhatikan salah satunya mendapatkan apresiasi atas apa yang dilakukannya, seorang leader yang baik adalah mereka yang dapat menghargai hasil kerja tim dengan cara memberikan apresiasi yang baik. Apresiasi dibuktikan dengan tindakan dan perkataan yang dapat di contoh baik oleh bawahan maupun rekan kerja dari departemen lainnya.
9.       Prinsip

Seorang pemimpin haruslah memiliki kejelasan dalam setiap perilaku dan juga keputusan yang diambil. Ini merupakan tanggung jawab utama anda. Perilaku dalam menjalankan tugas-tugas haruslah jelas sesuai dengan visi dan misi perusahaan. 
10.  Pemimpin harus memiliki Nilai (Value)
Seorang pemimpin haruslah bisa menjadi role model bagi bawahannya. Sebagai orang yang telah terpilih untuk memimpin organisasinya secara hirarki mereka lah yang berada pada pucuk pimpinan tertinggi dimana pemimpinlah yang bertanggung jawab dalam melaksanakan, memutuskan, memantau dan memastikan setiap objektif bagi organisasi tersebut untuk mencapai jayanya. 
11.  Determination
Determination yang di maksud dalam kepemimpinan adalah seorang Pemimpin yang dalam setiap keputusan nya mempunyai kepastian bahwa apapun yang di putuskan adalah yang terbaik bagi perusahaan. Pemimpin sebagai penentu terhadap arah jalannya perusahaan. Semua tentu mengandung resiko dan untuk itulah fungsi pemimpin ada untuk melakukan analisa terhadap apa yang telah di tentukannya. Hal ini membutuhkan sebuah kebulatan tekad dan keyakinan sehingga apa yang di putuskan dapat dijalankan. Contoh jika anda bekerja dalam sebuah perusahaan yang sehat pada awalnya dan kemudian masuklah seorang pimpinan baru yang ternyata dalam menjalankan perusahaan tersebut tidak dapat memberikan kepastian terhadap majunya perusahaan tentu sebagai bawahan anda akan mempertimbangkan apakah akan tetap bekerja disitu atau mulai melirik perusahaan yang lebih baik. Pemimpin harus lah dapat memberi kepastian atas apa yang menjadi tujuan kemajuan perusahaan
12.   Rendah Hati
Kita tentu pernah mengenal ilmu Padi semakin berisi maka semakin lama semakin menunduk ke bawah. Begitu pula anda sebagai seorang pemimpin, semakin anda berisi maka semakin merendah pula sikap, tutur kata dan perilaku anda. Kerendahan hati merupakan hal yang sangat penting bagi seorang pemimpin yang hebat. Anda tidak akan pernah berhasil dalam membangun bisnis apabila tidak mengintrospeksi diri terhadap setiap kesalahan pribadi dan mengakui bahwa sebenarnya ada kontribus orang lain dalam kesuksesan anda. Bagaiman cara anda memunculkan sikap rendah hati ini? Salah satu nya adalah terbuka terhadap semua Ide. Anda bukanlah makluk sempurna yang tau segalanya dan menguasai semua materi. Opini pihak lain sangatlah diperlukan, kita perlu mempercayakan sesuatu kepada ahli nya, kepada mereka yang memiliki kualifikasi dan keahlian yang relevan dengan hal tersebut. Pemimpin yang hebat adalah pemimpin yang tau kapan saatnya menunda dan mendelegasikan suatu pekerjaan kepada orang lain. 


Sumber:



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bahasa Inggris Bisnis 2 # (English's Task)

Pengambilan Keputusan

Kepemimpinan